Pengiriman Barang via Container Kereta Api V.S. Pengiriman Barang via Wingbox

0 Comments

Pengiriman barang adalah hal yang sangat penting dalam berbisnis. Kalau tidak ada jasa pengiriman barang, bagaimana caranya sebuah pabrik yang berlokasi di daerah Jakarta, dapat menjual barang mereka di lain tempat? Pasti nggak bisa kan. Maka dari itu jasa pengirman barang sangat diperlukan 😀 .

Nah terkait dengan pengiriman barang, jenis pengiriman ada bermacam – macam. ada via laut, darat, udara. Untuk armadanya ada yang menggunakan mobil bak, ada menggunakan mobil box, ada juga yang terbuka saja lalu diikat, dan menggunakan container. Untuk kali ini kami akan membahas pengiriman via darat yaitu via container K.A. dan via Trucking darat (wingbox, dsb.). Berikut pembahasannya:

Pengiriman Barang via Container Kereta Api

Untuk pengiriman barang memang sangat aman jika menggunakan container. Karena di dalam container terhindar dari keadaan cuaca diluar, seperti hujan dan panas juga terhindar dari debu. dan akan di packing padat didalam sehingga barang tidak bergerak didalam box container. Apa kelebihan dari pengiriman barang via container kereta api?

  • Mengurangi resiko sopir ngantuk di jalan. Karena container akan berpindah truck jika sudah sampe di tujuan, sama seperti istilah kita naik ojek dari rumah, turun di stasiun kereta, lalu kita pesen ojek lagi di stasiun kita tiba. Jadi ojek itu istilah dari truck, lalu penumpang ojek adalah istilah dari container. Dikarenakan Truck yang berganti, sehingga mengurangi resiko kecelakaan akibat ngantuknya sopir.
  • Meminimalkan Pencurian. karena saat K.A. membawa container – container itu, jarak antara container yang satu dengan container yang lain sangat rapat.
  • Meminimalkan Kecelakaan. Karena Kereta Api melewati rel sendiri, sehingga hal itu dapat meminimalkan kecelakaan akibat errornya pengendara lain, dan yang pasti juga terhindar dari kemacetan.
  • Gudang Penerima bisa menunda penerimaan barang, jika gudang penuh. Jadi jika kegiatan di gudang penerima sedang padat, sehingga membuat barang belum bisa dibongkar saat itu juga, maka container masih bisa dibiarkan di depo K.A. sampai batas waktu yang di tentukan.
  • Harga yang Bersaing. Pengiriman via container K.A. sangat bersaing, bahkan pengiriman container via K.A. lebih murah dari pengiriman K.A. via Laut karena bebas dari biaya THC LOLO.

Pengiriman Barang via Wingbox

untuk pengirman barang via wingbox sangat banyak digunakan saat ini, wingbox juga hampir sama dengan container, dapat menghindarkan barang yang akan dikirim dari cuaca buruk dan debu. Berikut adalah kelebihan dari pengiriman barang via wingbox sbb.

  • Pengiriman yang cendrung lebih cepat. dikarenakan mobil yang sama dibawa oleh 1 sopir, sehingga waktu tiba bisa ditentukan oleh sopir itu sendiri
  • Proses bongkar muat yang lebih mudah. Karena wingbox memiliki pintu samping, sehingga membuat proses bongkar muat yang mudah.

Naah itu dia perbandingannya, mau menggunakan yang mana yaa? hehehe yang jelas pake United Trans Perkasa yuk 😀